Energi  

Terapkan Strategi Pemasaran Efektif, MarkPlus Nobatkan PLN Best of The Best BUMN Entrepreneurial Marketing 2024

banner 120x600
banner 468x60

 

 

banner 325x300

garapnews.com-Jakarta – PT PLN (Persero) dinobatkan sebagai Best of The Best BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024 pada ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024 yang diselenggarakan MarkPlus, Inc di Jakarta, Senin (20/05). Selain itu, PLN juga dianugerahi 2 Gold Winner pada kategori The Most Promising Company In Marketing 3.0 dan Gold Winner pada kategori The Most Promising Company In Strategic Marketing.

Deputy Chairman of MarkPlus, Inc., Taufik mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan atas penerapan strategi pemasaran efektif yang dilakukan oleh PLN dalam mengelola pelanggan, produk, merek, implementasi layanan, dan kampanye branding yang berdampak langsung pada pelanggan.

“Ini merupakan ajang pemberian penghargaan bagi para pemasar/marketeers di kalangan BUMN, BUMD, maupun Anak perusahaan BUMN, baik secara korporasi maupun individual, dan pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-12,” ujar Taufik.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa PLN bertekad untuk menjadi energi baru bagi Indonesia, dengan terus menghadirkan inovasi dan layanan yang lebih baik bagi masyarakat. Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa PLN tidak hanya fokus pada penyediaan listrik, tetapi juga pada peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

“Dengan penghargaan ini, PLN semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, dengan penghargaan ini diharapkan dapat terus memotivasi PLN bergerak maju dan fokus dalam meningkatkan pelayanan.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi bukti bahwa strategi pemasaran yang kami terapkan telah berjalan efektif dan memberikan dampak positif bagi pelanggan. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan PLN,” ujarnya.

Darmawan menilai bahwa penghargaan yang diraih ini mampu menjadi _benchmark_ keberhasilan PLN dalam mentransformasi proses bisnis, khususnya layanan berbasis digital yang mampu meningkatkan _customer experience._

Salah satu keberhasilan PLN dalam melakukan transformasi berkelanjutan adalah hadirnya aplikasi PLN Mobile. Dulu, aplikasi PLN Mobile, diinstall hanya oleh 500 ribu pengguna. Ironisnya, setelah diunduh aplikasi tersebut kemudian diuninstall oleh 450 ribu penggunanya. Ratingnya pun rendah, hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5, dengan kolom komentar banyak diisi kekecewaan pelanggan.

“Sekarang, PLN Mobile bukan sekedar aplikasi saja, kini menjadi _one stop services,_ seluruh layanan PLN bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile. Masyarakat jadi semakin efisien waktu dan mampu mendapatkan layanan tercepat dari PLN,” ucap Darmawan.

Hingga Februari 2024, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 48 juta pengguna dengan rating 4,8, jika dibandingkan dengan aplikasi layanan BUMN lainnya atau aplikasi utilitas di ASEAN, _rating_ PLN Mobile saat ini berada di posisi paling atas.

Di sisi pemasaran, PLN juga aktif melakukan strategi ekstensifikasi dan intensifikasi. Strategi ektensifikasi dilakukan dengan memperluas pasar melalui produk-produk yang inovatif untuk meningkatkan produktivitas masyarakat, industri dan bisnis. Sebagai contoh, PLN mendorong perusahaan yang menggunakan pembangkit sendiri untuk beralih ke listrik PLN. Program _electrifying agriculture dan electrifying marine_ juga dihadirkan untuk mendukung produktifitas pelaku usaha di sektor agrikultur dan kelautan.

“Tugas kami tidak hanya menghadirkan listrik, tetapi kami juga terus berupaya menjadi jantung perekonomian masyarakat dengan mendukung sektor produktif,” tambah Darmawan.

PLN juga menjadi pionir dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik. Hadirnya infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan _home charging services_ yang terintegrasi dengan PLN Mobile memberikan kemudahan bagi pelanggan yang menggunakan kendaraan listrik. Langkah ini juga bagian dari upaya PLN mendukung transisi energi di sektor transportasi.

Sementara strategi intensifikasi dilakukan dengan menghadirkan promo biaya tambah daya bagi pelanggan.

“Penghargaan ini tentunya menjadi pelecut semangat bagi kami untuk terus bertransformasi lebih baik lagi dalam melayani pelanggan kami,” pungkas Darmawan.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *