Energi  

Jaga Keandalan Pasokan Listrik, PLN Optimalisasikan Pembangkit Air Raja di Kepri

banner 120x600
banner 468x60

garapnews.com-Tanjungpinang– PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) berhasil melaksanakan energize jaringan listrik yang menghubungkan Kelurahan Air Raja dan Kelurahan Subang Mas, yang berada di Kecamatan Galang, Kota Batam pada Jumat (09/06). Sebelumnya suplai listrik untuk dua kelurahan tersebut dipasok melalui dua pembangkit listrik yaitu Pembangkit Air Raja dan Pembangkit Subang Mas.

General Manager PLN UIDRKR Agung Murdifi menyampaikan bahwa secara geografis letak Kelurahan Air Raja dan Kelurahan Subang Mas berada di dua pulau yang berbeda, sehingga pasokan listrik harus di suplai melalui pembangkit yang berbeda juga. Kini, setelah adanya akses infrastuktur jalan dan jembatan yang menghubungkan kedua pulau tersebut PLN melakukan optimalisasi pembangkit listrik.

banner 325x300

“PLN memiliki roadmap untuk mengembangan sistem kelistrikan di Kepulauan Riau. Pembangunan jaringan yang menghubungkan Kelurahan Air Raja dan Kelurahan Subang Mas ini merupakan bagian dari rencana kerja tersebut. Kini, Kelurahan Subang Mas sepenuhnya telah di pasok dari Pembangkit Listrik Air Raja. Kedepan kita akan melanjutkan program optimalisasi dengan pembangunan tower crossing yang berfungsi untuk mensuplai listrik 24 jam untuk kedua kelurahan tersebut” ujar Agung.

PLN, kata Agung, dalam mengembangkan sistem kelistrikan selalu mengutamakan semangat untuk mengoptimalisasikan aset-aset yang ada. Tujuan dilakukan optimalisasi agar seluruh aset PLN dapat dimanfaatkan dengan efektif sehingga memberi nilai tambah bagi perusahaan untuk mendukung kinerja efisiensi perusahaan, serta peningkatan layanan bagi pelanggan.

“Untuk mewujudkan program optimalisasi pembangkit ini, PLN membangun juga jaringan listrik tegangan menengah sepanjang 3,3 kilo meter sirkuit (kms) dengan tambahan 1 unit gardu distribusi sebesar 100 kilo Volt Amper (kVA). Kinerja optimalisasi ini memberikan kontribusi penghematan kepada PLN mencapai hingga 900 juta rupiah setiap tahunnya” tambah Agung.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *