Energi  

Bangun SPKLU di Manokwari, Langkah PLN Percepat Pertumbuhan Kendaraan Listrik di Indonesia Timur

banner 120x600
banner 468x60

garapnews.com-Manokwari–PT PLN (Persero) menambah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Manokwari, Provinsi Papua Barat. SPKLU yang berlokasi di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari ini hadir untuk mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik di wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus mendorong akselerasi pengguna kendaraan listrik di Tanah Air. Salah satu upaya yang dilakukan PLN dengan terus memperbanyak infrastruktur ekosistem kendaraan listrik.

banner 325x300

“Pembangunan SPKLU di Papua ini merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh PLN dalam mendorong pertumbuhan kendaraan listrik untuk menyukseskan transisi energi menuju kendaraan berbasis ramah lingkungan demi mencapai target net zero emission (NZE) di 2060,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono menjelaskan, SPKLU di Manokwari ini menambah jumlah SPKLU dari sebelumnya hanya ada tiga unit di wilayah Papua dan Papua Barat. Di antaranya, dua unit di di Kantor PLN UIW Papua dan Papua Barat, satu unit di Kantor PLN UP3 Sorong dan kini di PLN UP3 Manokwari.

“Ahamdulillah saat ini PLN telah membangun 4 SPKLU di Papua dan Papua Barat. Dengan dibangunnya SPKLU ini diharapkan akan mendorong pemakaian kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum,” kata Budiono.

Budiono menyampaikan, PLN juga akan terus memperbanyak fasilitas pengisian daya secara bertahap dan tersebar di wilayah Papua untuk mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN juga berencana menambah satu unit SPKLU di Biak.

Masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mengisi baterai kendaraan listrik. Selain itu kata Budiono, beberapa fitur di PLN Mobile juga sangat memudahkan para pengguna kendaraan listrik mengetahui lokasi keberadaan SPKLU terdekat melalui electric vehicle digital services (EVDS).

“Fasilitas pengisian daya tersebut dapat diketahui secara mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem. Tak berhenti di situ, masyarakat juga dimudahkan dengan platform marketplace untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listriknya,” ungkap Budiono.

PLN juga memberikan promo diskon 30 persen tarif listrik pada pukul 22.00 WIT hingga 05.00 WIT bagi pelanggan yang mengisi daya mobil listriknya di rumah.

Secara nasional, PLN saat ini telah menyediakan 616 unit yang tersebar sebanyak 284 lokasi di seluruh penjuru tanah air. Jumlah tersebut melonjak signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 267 unit di 197 lokasi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *